Best Blogger Tips
  • Loading Tweets..

Kamis, 26 Januari 2012

Tips - Tips>>> MOTIVASI BELAJAR

Motivasi belajar setiap orang tidaklah sama. Biasanya, hal itu bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan. Misalnya, seorang anak mau belajar dan menjadi rangking pertama di kelasnya dikarenakan diiming-imingi akan dibelikan laptop oleh orangtuanya. Contoh lainnya, seorang mahasiswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi agar lulus dengan IPK yang bagus dikarenakan ingin mendapatkan pekerjaan yang hebat dan ingin membahagiakan orangtuanya.

Ada 2 faktor yang membuat seseorang dapat termotivasi untuk belajar, yaitu:

1. Faktor internal.

Motivasi ini terbentuk karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.

2. Faktor eksternal,

Motivasi yang didapat karena penghargaan atau reward dari orang lain atau lingkungan.

Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tidak mempunyai keinginan, cita-cita atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan hal-hal tertentu agar diri kita atau siapapun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat terus termotivasi.
Berikut tips-tips untuk meningkatkan motivasi belajar kita:

Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar

Bergaul dengan orang yang senang belajar akan membuat motivasi kita belajar jauh lebih besar, karena kita bisa share mengenai apa yang kita pelajari, mengingatkan kita untuk terus belajar dan juga dapat mengajari kita pula.

Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita

Orang yang senang belajar mempunyai kebiasaan-kebiasaan tertentu, misalnya mereka selalu membawa buku kemanapun mereka pergi, ketika ada waktu luang sedikit saja mereka akan menggunakan waktunya untuk membaca misalnya. Semangat mereka membaca yang mungkin disebabkan untuk meningkatkan kemampuan pribadinya atau karena untuk membantu orang lain atau apa saja, semangat itu dapat membantu untuk memotivasi kita juga.

Belajar apapun

Belajar bisa dari apapun, bisa dari film yang kita tonton, dari buku yang kita baca, dari percakapan yang kita lakukan, dari tindakan-tindakan yang kita coba, dari pemikiran-pemikiran yang tidak berhasil bahkan kita bisa belajar dari lingkungan yang ada. Ketika kita memutuskan untuk mau belajar dari apapun, maka itu akan memotivasi kita!

Bergaullah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif

Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah menghampiri. Kita akan tertular semangat, gairah dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, maupun sebaliknya. Jadi, punyailah teman atau lingkungan yang positif dan terus optimis ketika masalah datang bertubi-tubi menyapa!

Cari motivator

Orang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor untuk memotivasi mau terus belajar, bisa saja rekan kerja, atasan, pacar atau pasangan hidup. Carilah mentor yang dapat membimbing kita untuk mau terus belajar dan bisa memotivasi kita untuk terus mau belajar.

Jangan ada kata berhenti untuk belajar, ubahlah tugas-tugas kita menjadi tempat belajar kita. Pelajari pekerjaan lain yang kita sendiri tidak terlibat secara langsung, karena hal ini dapat meningkatkan kualitas kita lebih luas dan semakin bertambah pula ilmu yang didapat.

William A. Ward punya Resep sukses yaitu “Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan dan bermimpi ketika orang lain berharap”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Bird Gadget Twitter Bird Gadget